Jumat, 12 Juni 2015

Contoh RPP SMA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah             :  SMA
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Semester            : X / II (Dua)
Alokasi Waktu            : 1 x15 menit (1 x Pertemuan)

A.    STANDAR KOMPETENSI :
Ø  Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk dan pernyataan tautologi
 KOMPETENSI DASAR  :
Ø  Merumuskan peryataan yang tautologi dengan pernyataan majemuk


B.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik dapat memeriksa atau membuktikan ketoutologian antara dua pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Demokratis.);
Karakter siswa yang diharapkan:
·         Mandiri
·         Rasa Ingin Tahu
·         Kreatif
·         Kerja Keras
·         Demokratis





C.    MATERI PEMBELAJARAN
*      Bentuk tautologi antara dua pernyataan majemuk.
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memeriksa ketutologian  antara dua pernyataan majemuk
·        Membuktikan ketautologian antara dua pernyataan majemuk.
·        Membuat pernyataan yang toutologi dengan pernyataan majemuk
·     Siswa dapat Merumuskan pernyataan yang tautologi dengan pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor yang diberikan.











D.    MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
      Pembelajaran langsung dan Ekspositori
E.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.      Pendahuluan ( 2 menit)
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
a.       Guru mengucapkan salam dan ikut berdoa’a bersama sebelum memulai pelajaran
b.      Guru mengabsensi siswa
c.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
d.      Mengingat kembali tentang pengertian pernyataan majemuk.
a.       Siswa menjawab salam dan berdo’a sebelum belajar
b.      Siswa memberikan keterangan kehadiran
c.        Siswa mendengarkan penyampaian dari guru dengan baik dan tertib
d.      Siswa menyiapkan segala perangkat pembelajaran dan menyampaikan hal-hal yang dibutuhkan dalam pembelajaran ke pada guru










2.      Kegiatan Inti ( 10menit)
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
a.       Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi secara garis besar oleh guru (yang berhubungan dengan pemeriksaan atau pembuktian ketoutologian antara dua pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut
b.      Peserta didik dan guru secara bersama - sama membahas contoh dalam buku paket  mengenai cara memeriksa atau membuktikan ketoutologian antara dua pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor
c.       Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
d.      Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran

a.       Memahami penjelasan dari guru, tertib serta melaksanakan tugas sesuai dengan fungsi dan peranan masing-masing siswa
b.      Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai pemeriksaan atau pembuktian ketoutologian antara dua pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor.



3.      Penutup ( 3 menit)
Guru
Siswa
·         Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat kesimpulan  pelajaran secara lisan.
·         Guru mengingatkan siswa untuk materi selanjutnya.
·         Guru mengakhiri belajar dengan pesan untuk tetap  semangat dalam belajar dan mengahiri dengan salam.
·         Siswa membuat kesimpulan secara lisan mengenai materi yang telah dibahas.
·         Siswa mengingat pelajaran yang diperintahkan untuk dipelajari selanjutnya
·         Siswa mengingat pesan yang di sampaikan, dan mengucapkan salam pada guru

F.     Sumber Belajar
Johanes. 2006. Kopetensi matematika I B. Jakarta : Yudistira

G.    Alat dan Bahan Pembelajaran
1.      Spidol
2.      Papan tulis








H.    Penilaian
Indikator Pencapaian   Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Memeriksa ketoutologian antara dua pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor.
Unjuk kerja
Tes lisan
Tes tertulis
Tes uji praktek kerja
Daftar Pertanyaan
Uraian

·   Selidiki apakah dua pernyataan majemuk berikut toutologi:
    a.  
b.




Bengkulu, 06 Juni 2015
Guru Mapel Matematika.


( Meta Selvia Defi, SPd )


2 komentar:

  1. Saya mau tanya, dalam membuat rpp
    pada bagian materi,, kita perlu memasukan materi seluruh nya apa judul besarnya saja ?

    BalasHapus
  2. inti dr materi dan judul besar nya, kn di sana ado contoh nya, kemudian tampil kn jg contoh soal di rpp :D

    BalasHapus